Apa itu Aterosklerosis dan Penyebab Arteriosklerosis


Apa itu Aterosklerosis dan Penyebab Arteriosklerosis


Definisi Aterosklerosis

Aterosklerosis (atherosclerosis – ath·er·o·scle·ro·sis) di ketahui dengan juga nama arteriosclerotic vascular disease – ASVD, satu keadaan penyakit vaskular, kerap dipakai bertukaran dengan arti yakni arteriosklerosis. Aterosklerosis yaitu satu sistem penebalan serta pengerasan dinding pembuluh darah arteri memiliki ukuran tengah serta besar yang berjalan dengan cara progresif juga sebagai akibatnya karena timbunan lemak (plak) pada susunan dalam pembuluh darah, yang bisa membatasi atau menghalangi aliran darah.

Aterosklerosis adalah satu situasi yang bisa dihindari serta sangat mungkin untuk dikerjakan perlakuan terhadapnya.

Penyebab Aterosklerosis

Banyak aspek yang dengan cara segera berperan pada disfungsi endotel serta menilainya resiko penyakit vaskular lewat tes darah. Di bawah ini yaitu aspek-faktor aterogenik, yang bertindak pada peristiwa aterosklerosis, mencakup :

  1. Cholesterol LDL tinggi.
  2. Cholesterol HDL rendah.
  3. Penambahan trigliserida.
  4. Oxidized LDL.
  5. Hipertensi.
  6. Penambahan Protein C-reactive.
  7. Penambahan Lp-PLA2 (marker inflamasi).
  8. Penambahan rasio omega-6 : omega-3.
  9. Penambahan glukosa.
  10. Keunggulan insulin.
  11. Penambahan homosistein.
  12. Penambahan fibrinogen.
  13. Insufisiensi Vitamin D.
  14. Insufisiensi Vitamin K.
  15. Testosteron rendah serta keunggulan estrogen (pada pria).
  16. Kurangnya Coenzyme Q10 (CoQ10).
  17. Defisit nitrat oksida.

Saat umur jadi tambah diprediksikan arteri dengan cara alami mulai mengeras, sempit serta elastisitas menyusut. Tetapi, terdapat banyak pemicu yang mempercepat sistem ini, yakni :

Diet Tinggi Lemak & Kolesterol

Cholesterol yaitu type lemak yang utama untuk manfaat badan. Cholesterol menolong untuk menghasilkan hormon, bikin membran sel (dinding yang membuat perlindungan beberapa sel individu) serta membuat perlindungan ujung saraf.

Ada dua type cholesterol yang paling utama, yakni :

Low-Density Lipoprotein (LDL) yang beberapa besar terbagi dalam lemak, ditambah beberapa kecil protein. Type cholesterol ini bisa memblokir arteri, hingga kerap dikatakan sebagai ‘kolesterol jahat’.
High-Density Lipoprotein (HDL) beberapa besar terbagi dalam protein, ditambah beberapa kecil lemak. Type cholesterol ini bisa menolong untuk kurangi penyumbatan di arteri, hingga kerap dikatakan sebagai ‘kolesterol baik’.

Beberapa besar cholesterol yang diperlukan badan di produksi oleh hati. Tetapi, bila Anda konsumsi makanan tinggi lemak jemu, lemak dipecah jadi LDL. Makanan tinggi lemak jemu seperti biskuit, kue, daging babi asap, sosis, daging olahan, mentega, serta es cream.

Cholesterol LDL melekat pada dinding arteri berbentuk deposit lemak yang dari saat ke saat dengan cara bertahap menyumbat aliran darah. Deposit lemak juga di kenal juga sebagai plak atau ateroma.

Diet tinggi lemak, berolahraga tak teratur, obesitas serta minum alkohol terlalu berlebih dapat juga tingkatkan kandungan cholesterol LDL pada badan. Arti medis cholesterol tinggi yaitu hiperlipidemia.

Tekanan darah tinggi
Bila Anda mempunyai desakan darah tinggi (hipertensi), jadi bakal mengakibatkan kerusakan arteri dalam langkah yang sama dengan asap rokok. Arteri Anda didesain untuk memompa darah pada desakan spesifik. Bila desakan terlalu berlebih, dinding arteri bakal rusak. Desakan darah tinggi bisa dikarenakan oleh keunggulan berat tubuh, minum alkohol terlalu berlebih, tegangan, merokok, kurang berolahraga.

Merokok
Merokok bisa mengakibatkan kerusakan dinding arteri. Bila arteri rusak lantaran merokok jadi beberapa sel darah, yang di kenal juga sebagai trombosit, bakal mengumpul di tempat rusaknya. Hal semacam ini bisa mengakibatkan arteri menyempit. Merokok juga kurangi kekuatan darah untuk membawa oksigen ke semua badan Anda, yang tingkatkan kemungkinan bekuan darah berlangsung.

Diabetes
Bila Anda menanggung derita diabetes jenis 1 atau jenis 2, glukosa berlebihan dalam darah bisa mengakibatkan kerusakan dinding arteri.

Alkohol
Minum alkohol yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan desakan darah tinggi (hipertensi) serta minangkatkan kandungan cholesterol darah, tingkatkan resiko terserang aterosklerosis serta CVD (cardiovascular disease).

Obesitas
Keunggulan berat tubuh atau obesitas otomatis tingkatkan resiko terserang aterosklerosis serta penyakit kardiovaskular (CVD). Dengan cara spesial, beberapa orang yang keunggulan berat tubuh atau obesitas :

Mempunyai penambahan resiko terserang desakan darah tinggi
Condong mempunyai kandungan cholesterol tinggi disebabkan makan diet tinggi lemak
Berisiko berkembang jadi diabetes jenis 2

Kisah Keluarga
Bila Anda mempunyai orangtua atau saudara kandung dengan aterosklerosis serta CVD, Anda 2 x lebih berisiko terserang permasalahan yang sama dibanding dengan populasi biasanya.

Etnis
Tingkat desakan darah tinggi serta diabetes yang lebih tinggi diantara beberapa orang Afrika, serta keturunan karibia. Ini bermakna bahwa orang dalam grup ini dapat mempunyai penambahan resiko atherosclerosis serta CVD.

Beberapa orang keturunan Asia Selatan (beberapa orang India, Bangladesh, Pakistan serta Sri Lanka) yaitu lima kali lebih mungkin saja untuk terserang diabetes dari pada populasi biasanya, serta ini tingkatkan resiko grup ini terserang atherosclerosis serta CVD.

Polusi Udara
Riset teranyar tunjukkan bahwa polusi hawa seperti polusi jalan raya spesifik, bisa mengakibatkan sedikit penambahan dalam tingkat aterosklerosis. Beberapa peneliti temukan bahwa orang yang hidup dalam jarak 50 mtr. dari jalan paling utama mempunyai kandungan aterosklerosis.

Patogenesis Aterosklerosis

Sistem patofisiologis aterosklerosis berlangsung sangatlah kompleks serta agak kontroversial. Namun pada intinya mekanisme kerja terjadinya meliputi :
  1. Rusaknya sel endotel
  2. Deposisi lipoprotein
  3. Reaksi inflamasi
  4. Pembentukan sel otot polos

Rusaknya Sel Endotel
Hal semacam ini mungkin saja aspek awal yang diawali dengan sistem pembentukan plak aterosklerosis. Mulai sejak endotelium terus-menerus alami aliran, tiap-tiap suatu hal yang melalui pembuluh darah ini bisa mengakibatkan rusaknya, seperti yang berlangsung sepanjang pemakaian tembakau, diabetes serta dislipidemia.

Deposisi lipoprotein
Saat endotelium terluka atau terganggu, molekul lipoprotein dimodifikasi oleh oksidasi (lewat radikal bebas atau oksidasi enzim) atau glikasi (pada pasien diabetes). Modified lipoprotein (LDL dimodifikasi) yaitu mediator inflamasi serta bisa diolah oleh makrofag yang membuat foam cells, lalu terbentuk fatty streak di dinding arteri.

Reaksi inflamasi
Modified lipoprotein yaitu antigenik serta menarik beberapa sel inflamasi ke dinding arteri. Juga, sesudah cedera endotel, mediator inflamasi yang dilepaskan bertambah yang lalu mengikat leukosit.
Pembentukan jaringan sel otot polos

Beberapa sel otot halus bermigrasi ke permukaan plak membuat fibrous cap. Saat fibrous cap ini menebal, plak jadi stabil, tetapi plak aterosklerotik yang tidak tebal, dikira lebih rawan untuk pecah atau alami erosi serta mengakibatkan trombosis.
Sinyal serta Tanda-tanda Aterosklerosis

Beberapa besar masalah aterosklerosis tak tunjukkan tanda-tanda. Tetapi, sinyal tanda serta tanda-tanda tersebut mungkin saja berkenaan dengan terjadinya aterosklerosis periode panjang, yakni :

  1. Nyeri (umumnya berlangsung pada dada atau kaki).
  2. Kelelahan.
  3. Kekurangan badan menyeluruh atau malaise.
  4. Kesusahan bernapas.

Apa yang berlangsung bila berlangsung sumbatan di arteri?

Bila berlangsung sklerosis arteri koroner (arteri yang memasok darah ke jantung) jadi berlangsung kekurangan oksigen pada otot jantung serta nutrisi (yang diangkut oleh darah ke semua badan). Keadaan ini bisa mengakibatkan iskemia miokard, yang bermakna suplai darah menyusut. Bila arteri terhalang dalam periode waktu lama bisa menyebabkan serangan jantung serta kematian. Makin lama berlangsung kekurangan oksigen di tiap-tiap sisi otot jantung, jadi makin kemungkinan besar jaringan alami kematian, yang dikatakan sebagai nekrosis. Nekrosis dari tiap-tiap jaringan jantung bisa mengakibatkan cacat menetap.

Bila sumbatan di arteri yang berbentuk plak pecah makan bisa mengakibatkan bekuan darah, dimaksud trombus. Trombus ini lalu mungkin lepas serta masuk ke aliran darah, bila pada akhirnya trombus ini terhalang pada aliran darah di otak jadi dapat mengakibatkan stroke.

Bila bekuan bergerak ke arteri paru, bisa mengakibatkan emboli paru yang nanti dapat beresiko pada kematian mendadak. Bila suplai darah ke kaki atau lengan terhalang jadi bisa mengakibatkan permasalahan gerakan serta pada akhirnya berlangsung gangren.

Diagnosis Aterosklerosis
Bagaimanakah diagnosis Aterosklerosis?

Pasien yg tidak mempunyai tanda-tanda bisa lakukan tes skrining cholesterol dari umur 35 (untuk pria) serta dari 45 (untuk wanita). Untuk pasien yang alami tanda-tanda, jadi bakal dikerjakan kontrol fisik dengan auskultasi jantung serta paru. Aterosklerosis condong menyebabkan nada mendesing atau meniup kian lebih satu arteri yang sudah terserang. Lalu bakal dikerjakan tes diagnostik seperti :

  • Latihan Stress Test atau Chemical Stress Test
  • Echokardiogram (Echo)
  • Elektrokardiogram (EKG/EKG)
  • Moment Monitor atau Holter monitor
  • Nuclear Heart Scan

Prosedur pengujian penyakit jantung yang lebih invasif seperti kateterisasi jantung atau angiografi koroner cuma disarankan pada pasien yang tunjukkan tanda-tanda serta hasil EKG atau stress test positif. Angiogram sangat mungkin dokter untuk lihat sisi dalam arteri dengan memasukkan tabung panjang, yang dimaksud kateter, ke pembuluh darah.

Penyembuhan & Pencegahan Aterosklerosis

Pada masalah aterosklerosis yang berat, sebagian aksi medis spesifik mungkin saja dibutuhkan, seperti grafting bypass arteri koroner serta angioplasty. Untuk masalah yang lebih enteng, jadi dengan cara umum diperlukan pergantian gaya hidup juga sebagai bentuk perlakuan serta pencegahan aterosklerosis, misalnya :
  • Melindungi berat tubuh yang sehat.
  • Olahraga dengan teratur.
  • Mengontrol tingkat desakan darah serta cholesterol.

wdcfawqafwef