Cara Injeksi Subkutis dengan Subkutan

Cara Injeksi Subkutis dengan Subkutan - Sebagian obat injeksi subkutan seperti obat insulin, sudah ada satu kit atau piranti (pump atau pen) untuk menyuntikkan obat. Tetapi terdapat banyak pasien pilih tidak untuk memakai kit namun lakukan injeksi sendiri.

Bila obat injeksi Anda itu didinginkan dalam refrigerator (almari pendingin/kulkas)), jadi mengeluarkan telebih dulu sepanjang 30 menit saat sebelum dikerjakan injeksi hingga bisa meraih suhu kamar. Lantas letakkan di ruang yang bersih serta kering.


Suntik Subkutan

Persiapan Alat Suntik

Alat-alat yang perlu disiapkan dalam injeksi subkutan yakni :
  1. Obat injeksi.
  2. Air steril.
  3. Jarum (needle) steril sekali gunakan serta spoit atau syringe (saksikan bagian-bagian jarum suntik).
  4. Bola kapas alkohol atau alcohol pads Alkohol.
  5. Tempat pembuangan jarum suntik, yakinkan tempat pembuangan ini untuk buang sampah biologis yang anti bocor.
  6. Plester atau bandaids.

Bersihkan tangan Anda dengan benar serta bersih saat sebelum mempersiapkan obat injeksi Anda.

Persiapan Injeksi Subkutan
Dokter atau perawat di klinik bakal memberi instruksi pada Anda untuk menyiapkan dosis untuk obat spesifik.

Langkah Menyuntik (injeksi) Diri Sendiri
Pastikan tempat suntikan Anda. Tempat ini mesti jadi ruang yang mempunyai susunan lemak pada kulit serta otot. Inilah yang dimaksud subkutan atau subkutis (hipodermis).

Ruang Penyuntikan Subkutan
Di bawah ini yaitu beberapa tempat dibagian badan Anda yang mempunyai susunan subkutan :

Ruang Suntik Subkutan
  1. Permukaan luar lengan atas.
  2. Perut, terkecuali pusar atau pinggang.
  3. Pantat atau pantat.
  4. Paha atas.

Bila Anda terlampau kurus, janganlah lakukan penyuntikan di daerah perut. Janganlah juga memakai tempat yang sama untuk setiap saat suntikan. Kerjakan perputaran tempat injeksi Anda, dalam pola yang teratur. Ini dapat sangat mungkin untuk Anda untuk lebih gampang mengingatnya. Untuk lakukan injeksi pada satu tempat suntikan, kerjakan injeksi sekurang-kurangnya 1 ½ inci dari tempat suntikan paling akhir. Untuk lebih gampang mengingatnya, tulis pada kalender Anda dimana Anda memberimu injeksi paling akhir. Ini bakal menolong menghindar memberi suntikan ditempat yang sama terlampau cepat.

Sesudah Anda memastikan tempat injeksi dibagian badan Anda, bersihkan ruang suntik (seputar 2 inci) dengan kapas alkohol. Tunggulah ruang suntik hingga jadi kering, hal semacam ini dikerjakan jangan sempat ada bekas alkohol yang bisa masuk ke pembuluh darah, lantaran hal semacam ini bisa mengakibatkan pembuluh darah terbakar. Bebaskan tutup jarum, serta jepit lipatan kulit pada ruang suntik dengan memakai ibu jari serta jari telunjuk.

Memegang spoit sama langkahnya dengan Anda memegang pensil. Tusukkan jarum pada pojok 45 hingga 90 derajat pada kulit yang dicubit ke atas. Jarum mesti betul-betul masuk semuanya ke kulit (ruang subkutan). Bila Anda lakukan ini dengan cepat, Anda bakal terasa sedikit tak nyaman.

Kerjakan masukan (menarik kembali) plunger untuk mengecek adakah darah. Bila Anda lihat darah dalam larutan yang di suntik, janganlah lakukan suntikan. Tarik jarum dari tempat injeksi serta mulai lagi di tempat yang baru.

Bila Anda tak lihat darah, lantas perlahan dorong plunger untuk menyuntikkan obat. Bebaskan jarum dari kulit dengan lembut serta selekasnya tutup dengan pad alkohol pada tempat suntikan, janganlah menggosoknya. Apabila berlangsung perdarahan, gunakan plester verban atau bandaids. Selekasnya buang jarum suntik serta syringe ke tempat pembuangan yang sudah disiapkan.

Bila Anda alami permasalahan kesehatan sesudah lakukan penyuntikan subkutan seperti : berlangsung gatal atau ruam, sesak napas, atau muka, bibir serta mulut membengkak, jadi Anda mesti selekasnya menghubungi dokter atau pergi ke service kesehatan darurat.

wdcfawqafwef