Stroke Hemoragik atau Pendarahan Otak

Stroke Hemoragik atau Pendarahan Otak

Beberapa besar stroke dikarenakan oleh penyumbatan dalam arteri yang menuju ke otak yang dimaksud stroke iskemik (non-hemoragik). Tetapi, seputar 15% yaitu lantaran pendarahan dalam atau di seputar otak, ini dimaksud stroke hemoragik (baca selanjutnya pengertian stroke dengan cara umum serta stroke iskemik).

Pengertian Stroke Hemoragik

Apakah itu stroke hemoragik?

Pengertian stroke hemoragik atau stroke perdarahan otak yaitu stroke yang berlangsung apabila pasokan darah ke otak Anda terganggu disebabkan pembuluh darah pecah serta berdarah didalam otak Anda, otak alami pendarahan serta darah menghimpit otak hingga mengakibat masalah di semua badan.

Otak Anda mengatur semua suatu hal di badan Anda, termasuk juga gerakan, bicara, pemahaman serta emosi. Rusaknya otak Anda bisa memengaruhi beberapa fungsi ini. Seputar 14 orang dari tiap-tiap 100 orang stroke alami stroke hemoragik. Keadaan ini umumnya memengaruhi orangtua, namun bisa berlangsung pada umur berapakah juga. Beberapa gejala yang berlangsung condong lebih kronis dari pada yang dikarenakan oleh stroke iskemik.

Tipe-Tipe Stroke Hemoragik

Ada dua type paling utama stroke perdarahan, yakni :

Perdarahan intraserebral : stroke dikarenakan oleh pendarahan didalam otak.
Perdarahan Subarachnoid : stroke dikarenakan oleh pendarahan di permukaan otak dalam ruangan subarachnoid (ini dibuat oleh dua susunan membran diantara otak serta tulang tengkorak).

Stroke HemoragikStroke Hemoragik

Stroke Hemoragik Intraserebral

Saat arteri didalam otak pecah, ini dimaksud perdarahan intraserebral. Seputar 10% dari seluruhnya stroke yaitu type ini. Lantaran darah bocor keluar menuju ke jaringan otak pada desakan tinggi, rusaknya yang dikarenakan bisa semakin besar dibanding stroke lantaran penyumbatan.
Tanda-tanda Perdarahan Intraserebral

Tanda-tanda stroke yang dikarenakan oleh pendarahan didalam otak yaitu kekurangan, mati rasa serta/atau kesemutan pada satu segi badan, kesusahan bicara atau mengerti, pusing, atau pandangan kabur. Tanda-tanda ini bisa dibarengi dengan juga tanda-tanda lain seperti sakit kepala kronis mendadak, pergantian kesadaran, muntah atau leher kaku.
Stroke Hemoragik Subarachnoid

Otak tersebut dilapis 2 susunan membran yang membuat perlindungan dari tulang tengkorak. Pada dua susunan membran ini ada ruangan yang dimaksud ruangan subarachnoid, yang berisi cairan serebrospinal (CSS). Bila darah yang dekat dengan permukaan otak pecah serta alami kebocoran masuk ke ruangan subarachnoid, ini dimaksud subarachnoid haemorrhage (SAH). Type stroke ini menyumbang 5% dari seluruhnya stroke. Pendarahan subarachnoid yaitu type stroke yang sangatlah serius serta seputar 50% beberapa orang yang merasakannya akan tidak bertahan hidup.
Tanda-tanda Perdarahan Subarachnoid

Hanya satu tanda-tanda yang kerapkali berlangsung mendadak yaitu sakit kepala yang kronis. Hal semacam ini terkadang digambarkan seperti kepala dipukul dengan palu, sakit yang dirasa tak seperti apa yang pernah dihadapi pada awal mulanya. Tanda-tanda yang lain mungkin berlangsung kehilangan kesadaran, kejang, mual serta muntah, kepekaan pada sinar, leher kaku (mengonsumsi saat 3-12 jam), kebingungan serta demam. Tanda-tanda ini dapat juga dibarengi oleh permasalahan bicara serta kekurangan pada satu segi badan.
Pemicu Stroke Hemoragik

Apa yang mengakibatkan stroke perdarahan?

Hipertensi
Pemicu intinya yaitu desakan darah tinggi – hipertensi, yang mengakibatkan seputar 2/3 dari seluruhnya stroke lantaran pendarahan. Desakan darah tinggi melemahkan arteri serta bikin mereka lebih gampang robek. Aspek resiko untuk desakan darah tinggi seperti keunggulan berat tubuh, minum alkohol terlalu berlebih, merokok, kurang berolahraga, serta stres, yang seluruhnya bisa mengakibatkan penambahan sesaat dalam darah desakan.

Aneurisma
Aneurisma yaitu titik lemah di arteri yang sudah menggelembung keluar serta membuat seperti kantong. Dinding arteri umumnya tidak tipis serta kuat namun dinding dari aneurisma tidak tebal, lemah serta gampang bergerak, serta karenanya mereka bisa robek dengan gampang. Aneurisma didalam otak yaitu terkadang dimaksud aneurisma berry lantaran tampak seperti buah berry yang kecil.

Sebagian aneurisma telah ada mulai sejak lahir. Ada pula beberapa aspek resiko yang tingkatkan berkembangnya aneurisma seperti merokok, desakan darah tinggi, kisah keluarga aneurisma, pemakaian kokain, serta mempunyai keadaan ginjal genetik yang dimaksud penyakit ginjal polikistik autosomal menguasai. Desakan darah tinggi adalah pemicu paling utama dari pecahnya aneurisma. Aneurisma pecah juga sebagai pemicu paling umum dari SAH seputar 85% masalah.
Pembuluh Darah Abnormal

Terkadang orang dilahirkan dengan kelainan pada pembuluh darah mereka, ini dimaksud malformasi pembuluh darah, serta terbagi dalam hubungan pembuluh darah atau pembesaran pembuluh darah. Malformasi ini langka serta memengaruhi kurang dari 1% dari populasi. Tak di ketahui kenapa sebagian orang dilahirkan dengan malformasi ini. Terdapat banyak type malformasi, sebagian yang bisa mengakibatkan perdarahan di otak bila dinding pembuluh yang tidak tebal pecah. Malformasi yang paling umum dimaksud malformasi arteri vena (AVM – arteriovenous malformation), fistula arteri vena dari duramater, malformasi cavernosa serta anomali perubahan vena.

Angiopati Amiloid Serebral
Angiopati amiloid serebral (cerebral amyloid angiopathy – CAA) yaitu satu keadaan di mana protein yang dimaksud amiloid menumpuk didalam pembuluh darah di otak. Hal semacam ini mengakibatkan rusaknya yang bisa mengakibatkan arteri sobek. Keadaan ini makin umum di kelompok orangtua. CAA kerap mengakibatkan perdarahan di daerah otak spesifik dekat ke permukaan (dimaksud ruang lobar). Lantaran posisi mereka, darah dapat pula bocor ke ruangan subarachnoid yang mengakibatkan SAH juga. Suatu studi temukan bahwa dalam 63% dari type perdarahan di otak, darah juga bocor ke ruangan subarachnoid.Obat-Obatan

Perdarahan dapat juga berlangsung bila konsumsi obat untuk menghindar pembekuan darah serta kurang termonitor. Obat-obatan ini dimaksud antikoagulan serta mesti diawasi dengan cara cermat. Obat ini biasanya dikonsumsi untuk kurangi resiko stroke disebabkan penyumbatan bila Anda alami irama jantung yg tidak teratur dimaksud atrium fibrilasi.

Obat-Obat Ilegal
Sebagian obat, seperti kokain, bisa menghematasi dinding pembuluh darah serta bikin mereka lemah serta lebih condong pecah.

Diagnosis Stroke Hemoragik

Bagaimanakah lakukan diagnosis stroke lantaran pendarahan?

Siapa saja yang dicurigai stroke mesti pergi ke rumah sakit selekasnya. Lakukan scan otak (CT atau MRI scan) secepat-cepatnya serta kurun waktu 24 jam untuk mengkonfirmasi diagnosis stroke. Scan otak mesti dikerjakan selekasnya bila tanda-tanda seperti sakit kepala kronis atau tingkat kesadaran alami penurunan. Scan otak akan menghadirkan type stroke, apakah itu dikarenakan oleh penyumbatan atau pendarahan. Dalam masalah SAH, pungsi lumbal umumnya dikerjakan dan scan otak. Ini yaitu prosedur untuk mengambil sampel cairan serebrospinal otak serta sumsum tulang belakang. Ini bakal tunjukkan bila ada darah yang alami kebocoran ke cairan ini. Angiogram juga umumnya dikerjakan untuk mencari pembuluh darah yang pecah. Suatu tabung halus dimaksud kateter dimasukkan ke arteri serta disuntikkan ke darah. Lalu dipakai Sinar-X untuk temukan dimana pendarahan berlangsung.

Perlakuan Stroke Hemoragik
Bagaimana caranya perlakuan stroke?
Pembedahan Darurat (Bedah Emergency)

Pembedahan terkadang dibutuhkan untuk menyingkirkan darah apa pun, serta memudahkan desakan yang berlangsung atau untuk melakukan perbaikan pembuluh darah. Prosedur bedah ini umumnya dikerjakan dengan yang dimaksud kraniotomi. Operasi ini mesti dikerjakan oleh seseorang pakar bedah saraf. Sepanjang operasi, beberapa kecil tengkorak dipotong hingga pakar bedah bisa terhubung pemicu pendarahan serta melakukan perbaikan pembuluh darah yang rusak dan meyakinkan tak ada penggumpalan darah yang bisa membatasi aliran darah di otak Anda. Bila gumpalan darah sudah terbentuk, mungkin saja bakal selekasnya di hilangkan. Sesudah pendarahan berhenti, potongan tengkorak barangkali ditukar.

Sesudah operasi, Anda mungkin saja bakal diletakkan pada ventilator (mesin untuk menolong Anda bernapas). Ini memberi saat badan Anda untuk sembuh serta bisa menolong mengontrol pembengkakan di otak Anda.

Dengan seluruhnya type perdarahan dalam atau di seputar otak, darah terkadang bisa bikin penyumbatan yang menghindar aliran normal cairan serebrospinal. Hal semacam ini bisa menyebabkan meningkatnya cairan di seputar otak, yang dimaksud hidrosefalus. Hal semacam ini bisa mengakibatkan desakan serta nyeri, apabila tak diobati, bisa mengakibatkan rusaknya ke batang otak (basic otak yang mengontrol beberapa besar manfaat automatis yang bikin kita hidup, seperti bernapas). Pembedahan dikerjakan untuk mengkoreksi keunggulan cairan dengan memakai shunt (tabung tidak tebal yang ditanamkan ke otak).
Pembedahan untuk tutup aneurisma

Bila Anda stroke yang dikarenakan oleh aneurisma pecah, prosedur operasi mungkin saja dibutuhkan untuk tutup serta hentikan pendarahan lagi. Terkadang operasi bisa dikerjakan dalam satu atau dua hari stroke Anda, namun bila Anda tak sadar atau 1/2 sadar, dokter bedah bisa menanti hingga Anda lebih stabil saat sebelum operasi.

Coiling yaitu cara operasi yang paling umum yang dikerjakan untuk tutup aneurisma. Tabung dimasukkan ke arteri di pangkal paha serta dengan hati-hati mengarahkannya ke aneurisma dekat otak. Sinar-X dipakai untuk memandu tabung. Pada ujung tabung ada koil platinum, yang dilepaskan ke aneurisma. Kian lebih satu kumparan umumnya dimasukkan.

Operasi Coiling AneurismaOperasi Coiling Aneurisma

Clipping melibatkan pembukaan tengkorak serta bikin sayatan di membran yang membuat perlindungan otak untuk hingga ke aneurisma. Dokter bedah bakal meletakkan klip logam di seputar basic aneurisma, hingga tak ada lagi darah yang bocor.

Pilihan operasi bergantung pada beragam aspek seperti kesehatan serta posisi aneurisma itu. Coiling jadi pilihan penyembuhan yang disenangi lantaran kurang invasif hingga mengakibatkan komplikasi lebih sedikit. Sesudah operasi, Anda umumnya tinggal dirumah sakit sepanjang satu atau dua minggu. Bila Anda cukup sehat baru bisa dipulangkan, atau Anda mungkin saja dipindahkan kembali ke rumah sakit setempat untuk perawatan selanjutnya atau rehabilitasi.

Penyembuhan

Anda mungkin saja bakal di beri obat untuk turunkan desakan darah, yang bakal kurangi resiko stroke lain lantaran perdarahan. Bila stroke perdarahan dikarenakan oleh obat-obat antikoagulan, umumnya diberikan obat untuk kembalikan dampak sesegera mungkin saja.

Sesudah SAH, pembuluh darah di dekat pecahnya aneurisma bisa jadi spasme serta menghindar darah menuju ke otak. Kenapa hal semacam ini berlangsung masih tetap belum terang, namun kurangnya suplai darah bisa mengakibatkan rusaknya otak selanjutnya. Untuk menghindar hal semacam ini, Anda mungkin saja bakal di beri obat yang dimaksud Nimodipin sepanjang seputar 3 minggu. Sesudah ini, resiko spasme menghilang serta dokter Anda umumnya hentikan pemberian obat itu.

Pembasmi rasa sakit (pain relief) seperti morfin atau parasetamol dengan kodein bisa diberikan untuk menolong memudahkan sakit kepala kronis yang berkenaan dengan SAH.

Seputar 5% dari orang bakal berkembang ke arah epilepsi sesudah SAH. Terdapat banyak type obat-obatan yang mungkin saja diberikan untuk mengobatinya.

Pemulihan Stroke Sesudah Penyembuhan

Seperti seluruhnya type stroke, sebagian orang pulih seutuhnya, namun yang lain memerlukan rehabilitasi untuk persoalan komunikasi, mobilitas, menelan, memori, atau kelelahan ekstrim. Spesialis seperti fisioterapi, terapis bicara serta bhs, serta terapis okupasi mesti ada untuk menolong pemulihan Anda.

Hal semacam ini sangatlah umum untuk orang alami sakit kepala sesudah type pendarahan di otak. Hal semacam ini mungkin saja dikarenakan oleh pembengkakan atau pergantian tingkat cairan serebrospinal. Rasa sakit condong kurang dari saat ke saat serta umumnya bisa dikendalikan oleh obat pembasmi rasa sakit seperti parasetamol.

Anda mesti hindari minum aspirin sesudah lewat type stroke ini. Minum banyak air (dua hingga tiga liter /hari) serta hindari cafein atau alkohol, bisa menolong kurangi sakit kepala. Siapa juga yang alami sakit kepala kronis atau terus-menerus mesti yang berlangsung mendadak, mesti mencari perhatian medis selekasnya.

Sebagian orang melaporkan sensasi aneh sesudah SAH, seperti ada air yang mengalir atau perasaan menggelitik di otak. Ini diprediksikan tak beresiko serta umumnya menghilang pada waktunya. Anda mesti mengecek desakan darah dengan teratur sesudah perdarahan di otak, desakan darah tinggi adalah pemicu paling utama perdarahan yang lain.

Bila Anda pernah terserang SAH, Anda umumnya bakal dianjurkan untuk lakukan check-up sepanjang satu tahun lebih untuk lihat adakah aneurisma lagi yang mungkin saja membutuhkan pembedahan. Bila Anda mempunyai dua atau lebih kerabat pada tingkat pertama (seperti saudara atau orangtua) yang sudah mempunyai SAH, Anda mungkin saja akan dianjurkan untuk lakukan check-up serta MRI pemindaian otak yang dimaksud scan MRA. Hal semacam ini untuk mengecek apakah Anda juga mempunyai aneurisma, lantaran ada sedikit aspek resiko herediter untuk keadaan ini.

Perlakuan Diri Sendiri

Sebagian perlakuan yang bisa dikerjakan sendiri pasca penyembuhan stroke hemoragik, seperti :
  • Konsumsi obat yang diresepkan serta diarahkan oleh dokter Anda.
  • Mengecek desakan darah dengan teratur.
  • Konsumsi makananan yang sehat.
  • Meminum banyak cairan.
  • Mengindari terlampau banyak minuman alkohol.
  • Hentikan rutinitas merokok.

wdcfawqafwef